Wednesday, November 2, 2011

Pengertian Dasar Dan Simbol Flowchart

Pengertian Dasar Dan Simbol Flowchart - Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai Pengertian Dasar Dan Simbol Flowchart.Banyak diantara teman - teman yang sedang melaksanakan tugas akhir ataupun skripsi yang masih belum paham mengenai Pengertian Dasar Dan Simbol Flowchart.

Mari kita lihat selengkapnya mengenai Pengertian Dasar Dan Simbol Flowchart yang akan saya bahas kali ini dalam artikel sederhana saya ini.

Pengenalan Flowchart
Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis penghubung.
Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas. Jika ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk program dengan bahsa pemrograman.

Simbol-simbol flowchart
Flowchart disusun dengan simbol-simbol. Simbol ini dipakai sebagai alat bantu menggambarkan proses di dalam program.

Kaidah-kaidah pembuatan Flowchart
Dalam pembuatan flowchart tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan gambaran hasil pemikiran dalam menganalisa suatu masalah dengan komputer. Sehingga flowchart yang dihasilkan dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya.
Namun secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari tiga bagian utama, yaitu;
• Input berupa bahan mentah
• Proses pengolahan
• Output berupa bahan jadi.
Untuk pengolahan data dengan komputer, dapat dirangkum urutan dasar untuk pemecahan suatu masalah, yaitu;
 START: berisi instruksi untuk persiapan perlatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan masalah.
 READ: berisi instruksi untuk membaca data dari suatu peralatan input.
 PROCESS: berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca.
 WRITE: berisi instruksi untuk merekam hasil kegiatan ke perlatan output.
 END: mengakhiri kegiatan pengolahan

Sekian dulu artikel sederhana saya ini mengenai Pengertian Dasar Dan Simbol Flowchart.Semoga teman - teman dapat lebih memahami setelah membaca artikel dari saya mengenai Pengertian Dasar Dan Simbol Flowchart.

No comments:

Post a Comment